Selasa, 12 Oktober 2010

Humas Kabupaten Trenggalek

Humas Kabupaten Trenggalek


Pertemuan Bupati Dengan IKAT ( Ikatan Keluarga Asal Trenggalek)

Posted: 12 Oct 2010 12:21 AM PDT

Sehari sebelum diselenggarakannya Pagelaran aneka tari, lawak dan musik campursari duta seni dari Kabupaten Trenggalek dan Halal Bihalal IKAT ( Ikatan Keluarga Asal Trenggalek) Se-Jakarta, Jawa Barat dan Banten pada Sabtu, 9 Oktober 2010 dilaksanakan pertemuan warga yang bernaung dalam wadah IKAT bertempat di lantai dua Gedung Pewayangan Komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pertemuan yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek serta Kepala SKPD lingkup pemkab Trenggalek merupakan forum komunikasi guna memperlancar dan mencari solusi atas kendala pembangunan di Trenggalek. 

Dalam sambutannya yang turut disaksikan oleh Ketua IKAT, Dr.Ir. G. Suprayitno, Bupati Trenggalek Dr. Ir. H. Mulyadi WR, MMT mengungkapkan beberapa point penting terkait tentang pembangunan di Kabupaten Trenggalek yang pelaksanaannya diharapkan bisa direalisasikan bersama IKAT. Pertama, Bupati Trenggalek meminta anggota IKAT yang memiliki jaringan luas untuk ikut serta mengkomunikasikan masalah Pembangunan Bendungan Tugu yang anggarannya didapat dari pusat dan dana pendampingan dari Pemda supaya segera bisa terealisasikan.

Kemudian, Bupati berharap pembangunan Jalan Lintas Selatan (JLS) yang menurut target dari Gubernur Jawa Timur mampu diselesaikan paska 2013 dapat diwujudkan dengan kerjasama seluruh anggota IKAT dan Pemkab. Selain itu, untuk meningkatkan eksplorasi pemanfaatan sektor pariwisata di Kabupaten Trenggalek, Bupati meminta IKAT untuk mencarikan investor yang tertarik untuk menggarap. Yang tak kalah pentingnya, Dr. Ir. H. Mulyadi WR, MMT mengharapkan IKAT untuk berpartisipasi dalam pembangunan Masjid Agung Baiturrahman .

PERGELARAN KESENIAN TRENGGALEK DI TMII JAKARTA

Posted: 12 Oct 2010 12:18 AM PDT


Guna memperkenalkan dan mempromosikan potensi daerah, seni budaya, kerajinan, industri dan pariwisata yang dimilikinya, pada hari Minggu, 10 Oktober 2010, Pemerintah Kabupaten Trenggalek mendapatkan jadwal kegiatan pergelaran seni budaya dan pameran kerajinan, industri dan pariwisata Trenggalek di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Pergelaran kesenian ini dihadiri oleh Anggota Muspida Trenggalek, Pimpinan DPRD Kab. Trenggalek, Kepala SKPD se-Kabupaten Trenggalek, Anggota IKAT yang berada di wilayah Jabodetabek, Wakil Menteri PU Dr. Ir. Hermanto Dardak, M.Si dan Pengunjung TMII.

Selain pergelaran seni karawitan, tari dan campursari, Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Dinas Poraparibud) juga mengadakan gelar pameran produk unggulan dan kerajinan. Kesenian yang ditampilkan dalam kesempatan tersebut adalah Langen Sekar Srampatan, Lawak, Tari Teleng Kencono, Tari Turonggoyakso dan Langen Beksan Tayub. 

Dalam sambutannya Bupati Trenggalek, Dr. Ir. H. Mulyadi WR, MMT berpesan agar sample produk unggulan yang telah dibawa agar ditinggal di Anjungan Jawa Timur TMII beserta kartunama pengrajinnya. Dengan demikian, diharapkan pengunjung dapat mengenal produk-produk asal Trenggalek dan dapat memesannya langsung kepada pengrajin dalam kartu nama tersebut bila diperlukan.

Kepada Anggota IKAT, Bupati meminta bantuannya untuk mengupayakan percepatan pembangunan di kabupaten Trenggalek. Terutama untuk merealisasikan bendungan Pucanganak, JLS, dan mencarikan investor yang bonafit untuk pariwisata serta konsultan yang bonafif untuk memotret keberadaan barang tambang di Kabupaten Trenggalek yang belum terdeteksi secara menyeluruh.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Trenggalek mengungkapkan obsesinya yaitu ingin menjadikan kota Trenggalek yang kecil itu menjadi Kota Kecil yang cantik dan menarik.

2 (Dua) Siswa Berprestasi Asal Trenggalek Raih Beasiswa

Posted: 11 Oct 2010 10:04 PM PDT




Walaupun dalam keterbatasan, ternyata tidak menyurutkan semangat Candra Nunus Andayani dan Alif Tohari, santri Yayasan Al – Ikhlas Pondok Pesantren Hidayatullah Trenggalek untuk menorehkan prestasi.  Siswa berprestasi asal Trenggalek ini berhasil menembus ketatnya persaingan untuk masuk menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri Favorit, Candra Nunus Andayani (19) telah diterima di jurusan Kedokteran Hewan UGM Yogyakarta melalui jalur UM UGM.  Sedangkan Alif Thohari(22) telah menyelesaikan pendidikannya di Akademi Pimpinan perusahaan (APP) Kementrian Perindustrian Jakarta.
Candra Nunus Andayani putra dari pasangan Parni(70) dan Katini (60) ini sejak SMA sudah terbilang sebagai siswa berprestasi. Selama  masih tercatat sebagai pelajar di SMA 1 Trenggalek, Candra aktif mengikuti berbagai Olimpiade salah satunya Olimpiade Kebumian bertaraf Nasional maupun Internasional. Anak ke 6 dari 6 bersaudara ini merupakan jebolan dari SMP 1 Pule. Selama menempuh pendidikannya di perguruan Tinggi, Candra akan mendapatkan beasiswa penuh dari BIDIK MISI. Beasiswa dari Kementerian Pendidikan Nasional ini memang khusus diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi dan merupakan calon mahasiswa yang potensial yang tidak dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi karena berasal dari keluarga kurang mampu. Sedangkan untuk biaya praktikum serta biaya hidup, Candra yang kedua orang tuanya berprofesi sebagai buruh tani ini masih mengalami kesulitan. Pemkab Trenggalek melalui Disnakertransos, hingga saat ini memberikan bantuan sandang pangan sebesar 0,4 ons kepada Yayasan Al Ikhlas.
Sementara itu, Alif Tohari(22) yang sudah menyelesaikan jenjang pendidikan D3-nya di APP Kementerian Perindustrian ini juga tergolong siswa berprestasi. Jebolan SMPN 1 Bendungan serta SMKN 1 Muhammadiyah, walaupun dalam keterbatasan juga tak mengendorkan semangatnya untuk terus menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Untuk 2 tahun ke depan mulai Januari tahun 2011, putra pertama dari 2 bersaudara pasangan Misri dan Sugito ini akan mengabdikan dirinya di Kementrian Perindustrian.
Terkait dengan hal tersebut, Pemkab Trenggalek melalui Disnakertransos membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi Warga Trenggalek untuk menjadi orang tua asuh bagi siswa-siswa berprestasi dan berpotensi tetapi terkendala dengan biaya pendidikan yang tersebar di berbagai Yayasan - yayasan di Kabupaten Trenggalek.

UPACARA PERINGATAN HARI JADI KE-65 PROVINSI JAWA TIMUR DI TRENGGALEK

Posted: 11 Oct 2010 09:10 PM PDT

Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-65 Propinsi Jawa Timur Tahun 2010, Pemerintah Kabupaten menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari jadi ke-65 Propinsi Jawa Timur pada hari Selasa, 12 Oktober 2010 bertempat di Halaman Pendopo Kabupaten Trenggalek. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Trenggalek, Dr. Ir. H. Mulyadi WR, MMT dan diikuti oleh karyawan karyawati Pemerintah Kabupaten Trenggalek dan siswa-siswi SMP dan SMA di Trenggalek.

Peringatan Hari jadi Provinsi Jawa Timur kali ini mengambil tema "Dengan Semangat Hari jadi ke-65 Provinsi Jawa Timur, Mari Kita Kurangi Kemiskinan, Pengangguran dan Berikan kemudahan Investasi Menuju Jawa Timur Makmur dan Berakhlak Mulia". Tema tersebut diharapkan dapat menjadi pemicu semangat untuk mewujudkan cita-cita bersama menuju Jawa Timur Makmur. Demikian diantaranya disampaikan Bupati Trenggalek dalam amanatnya.


Selanjutnya, Bupati Trenggalek mengatakan bahwa tanggal 19 Agustus 1945, R.M.T. Soerjo yang saat itu menjabat sebagai Residen Bojonegoro ditetapkan sebagai Gubernur Jawa Timur Pertama dan tanggal 12 Oktober 1945 adalah tanggal dimana Gubernur Jawa Timur Pertama mulai menjalankan tugasnya sebagai Gubernur. Momentum tanggal 12 Oktober 1945 inilah yang kemudian disepakati sebagai Hari Jadi Provinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu pula diserahkan sertifikat ISO 9001-2008 kepada Kepala Kantor Perijinan dan Penanaman Modal, Ir. Sri Sulistyani oleh Bupati Trenggalek. Sebelum Upacara dimulai juga dipertunjukkan kreasi marching band dari SMPN 1 Trenggalek.